TUJUAN & SASARAN

Tujuan Pendidikan Program Studi Oseanografi Universitas Diponegoro

Tujuan Pendidikan Program Studi Oseanografi Universitas Diponegoro adalah untuk menghasilkan sarjana yang menguasai dan mampu menerapkan ilmu dan teknologi di bidang oseanografi dalam kegiatan :

    • Pengelolaan, perencanaan dan lindungan terhadap lingkungan wilayah pesisir dan laut secara berkualitas dan berkelanjutan, khususnya terhadap permasalahan mitigasi bencana
    • Perencanaan dan pengembangan wilayah pesisir
    • Kajian energi alternatif bahari dan samudra

Sasaran Program Studi Oseanografi Universitas Diponegoro adalah:

Sasaran program studi Oseanografi Universitas Diponegoro adalah :

    • Relevansi pendidikan disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebutuhan masyarakat
    • Terciptanya suasana akademik yang kondusif serta proses belajar mengajar yang optimal
    • Meningkatnya mutu lulusan sesuai dengan Kompetensi Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja dan pembangunan
    • Manajemen internal, organisasi dan kepemimpinan yang tangguh dan memiliki akuntabilitas
    • Terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu peningkatan mutu pendidikan, kualitas penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
    • Rasio dosen guru besar dengan mahasiswa meningkat.

Strategi Pencapaian Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Oseanografi Universitas Diponegoro

Strategi pencapaian visi dan misi dilakukan dengan:

    • Peningkatan Suasana Akademik (Academic atmosphere) : dengan peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dosen dan frekuensi konsultasi mahasiswa dalam penyusunan skripsi, peningkatan pelayanan laboratorium untuk menunjang kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa, peningkatan layanan perpustakaan dan sarana prasarana yang menunjangnya
    • Relevansi (relevancy): dengan melakukan pengembangan kurikulum dan isi silabus, peningkatan kemampuan mahasiswa dalam mengoperasikan komputer, berbahasa Inggris, dan softskill yang ditunjang dengan peningkatan sarana prasarana yang memadai
    • Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas: peningkatan kualitas proses belajar mengajar, peningkatan kehadiran dan kinerja dosen.
    • Peningkatan lain: peningkatan leadership and softskill, peningkatan manajemen sistem informasi